Membuat Mesin Virtual dan Siapkan API Google Cloud Platform

Cloud Computing adalah bidang Ilmu Komputer yang menarik dan makmur saat ini. Artikel pengantar ini berfokus pada cara bekerja di Google Cloud untuk mempermudah komputasi, penyimpanan, dan pekerjaan. Mari kita bahas prosedur bertahap untuk membuat Mesin Virtual dan Menyiapkan API di Google Cloud.

Google Cloud Platform

Apa itu Google Cloud API Platform

Google Cloud API merupakan elemen kunci dari komputasi awan Google Cloud Platform.Hal yang satu ini akan sangat membantu bagi pengguna untuk menerapkan kekuatan segalanya mulai dari akses penyimpanan. Hingga analisis gambar yang berbasis sebuah pembelajaran pada mesin hingga aplikasi Cloud Platform mereka tersedia. Cloud API dapat diakses dari aplikasi server dengan pustaka klien Google dalam berbagai bahasa pemrograman terkenal. Selai itu juga dari aplikasi seluler dengan Firebase SDK, atau melalui klien pihak ketiga.

Cara Buat Mesin Virtual dan Siapkan API di Google Cloud

Pertama, kunjungi Google Cloud dan pilih opsi Mulai Gratis. Ini akan mengarahkan Anda ke halaman login akun Google Anda. Anda perlu memberikan informasi mengenai perguruan tinggi Anda, kartu debit, dll. Berikan semua informasi yang diperlukan dan Google akan memberi Anda akun Pengembang Google gratis di Google Cloud secara gratis.

Tidak hanya itu tetapi juga akan memberi Anda 3 juta untuk membeli mesin Komputasi. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa jam, tetapi terkadang terjadi lebih cepat. Setelah membuat akun, buka Google Cloud dan Anda akan melihat jendela seperti yang diberikan di atas. Pilih opsi Buka Konsol. Anda akan diarahkan ke halaman yang menunjukkan proyek pertama Anda yang secara default diberi judul sebagai Proyek Pertama.

Dari panel sebelah kiri, Pilih opsi Compute Engine dan dari menu tarik-turun pilih Instance VM. Halaman yang muncul adalah untuk mengonfigurasi instans Mesin Virtual Anda. Anda dapat memberinya nama dan memilih wilayah dan zona. Maka Anda perlu memilih jenis Mesin. Jika Anda ingin menjalankan kode di server Google dan membutuhkan kapasitas kinerja tinggi, pilih vCPU yang lebih tinggi.

Bagaimana Membuat Mesin Virtual dan Siapkan API Google Cloud Platform?

Tetapi jika Anda ingin menjalankan kode Anda di mesin lokal dengan API Google, vCPU bersama akan berfungsi dengan baik dan biayanya jauh lebih rendah. Untuk Boot Disk, Anda dapat memilih dari berbagai Distribusi OS Linux yang tersedia. Kemudian Anda dapat membuat instance atau dapat mengubah pengaturan lebih lanjut sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.

Setelah perubahan yang diperlukan klik Buat. Sekarang instans Anda telah dibuat dan Anda dapat melakukan perhitungan pada Mesin Virtual Anda di server jauh. Seperti yang terlihat dari gambar di atas, dari menu drop-down Connect, pilih Open in Browser Window. Ini akan membuka terminal Linux dengan daya komputasi dan penyimpanan yang Anda pilih.

Anda juga dapat membuka melalui kunci SSH menggunakan perangkat lunak seperti Putty Generator (yang menyediakan kunci pribadi terenkripsi dan membentuk koneksi aman dengan server jarak jauh menggunakan alamat IP Eksternal yang diberikan pada gambar di atas). Sekarang karena instans Anda aktif dan berjalan, Anda perlu memilih Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) yang diperlukan dari daftar opsi yang tersedia.

Ini memberikan daftar semua Google Cloud API. API yang paling umum digunakan adalah Translation API, Google Maps API, Speech to Text API, Vision API, Video Intelligence API, dll. Saat ini Big Data API juga digunakan secara luas. Cari API yang diperlukan dan pilih dari opsi yang tersedia. Misalkan, Anda membutuhkan Speech-to-Text API. Klik Aktifkan API ini yang akan membuka halaman berikut.

Dari panel sisi kiri pilih opsi Kredensial. Dari halaman yang muncul, pilih opsi Buat kredensial dan dari menu tarik-turun, pilih Kunci akun layanan. Pilih nama Layanan Anda (nama proyek) dan pertahankan jenis file default ke JSON dan pilih Buat. File .json akan diunduh dengan kunci dan kredensial API yang diautentikasi. Itu saja mengenai membuat mesin virtual dan siapkan API Google Cloud Platform.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>