Memulai Google BigQuery di Google Cloud Platform

Google BigQuery adalah sistem penyimpanan berbasis cloud untuk data berorientasi baris tabular yang merespons SQL. BigQuery cocok untuk aplikasi analitik di mana data dimuat sekali dan kemudian dianalisis berulang kali menggunakan SQL. BigQuery dibangun di atas Google BigTable yang pada gilirannya dibangun di atas Sistem File Google.

Google Cloud Platform

Pra-Persyaratan

Untuk menggunakan BigQuery, akun Layanan Google Cloud diperlukan. Google menawarkan berbagai insentif seperti kupon gratis untuk para profesional maupun pelajar. Anda mungkin ingin mengikuti tutorial ini tentang menyiapkan akun Google Cloud Platform. Setelah menyiapkan akun GCS, luangkan beberapa menit untuk bekerja dengan Google Cloud Console agar terbiasa dengan fitur-fiturnya. Misalnya Anda mungkin ingin membuat proyek baru dan menetapkan anggaran untuk proyek tersebut.

Aktifkan Google BigQuery API

Sebelum menggunakan Layanan Google Cloud, API yang sesuai harus diaktifkan. Ini dilakukan melalui Manajer API. Tarik ke bawah menu utama Produk & layanan (tiga batang horizontal di sudut kiri atas), sorot Manajer API dan pilih Dasbor dari menu fly-out. Klik pada Aktifkan API tombol. Telusuri “BigQuery”, lalu klik entri BigQuery API.

Jika BigQuery API sudah diaktifkan, tidak ada lagi yang dapat dilakukan untuk langkah ini. Jika BigQuery API tidak diaktifkan, klik tombol Aktifkan. Setelah BigQuery API diaktifkan, instance BigQuery baru dapat dibuat. Langkah-langkah ini dijelaskan di halaman berikutnya.

Membuat Instance BigQuery

Ada tiga cara utama untuk berinteraksi dengan Google BigQuery. The Cloud Shell dapat digunakan untuk mengirimkan perintah BigQuery dalam gaya baris perintah. Halaman web BigQuery menyediakan antarmuka pengguna grafis untuk mengelola kumpulan data dan mengirimkan kueri. Terakhir, BigQuery API dapat dimasukkan ke dalam perangkat lunak host seperti program Java untuk berinteraksi dengan kumpulan data BigQuery. Untuk memulai, contoh berikut akan menggunakan halaman web BigQuery.

Bagaimana Memulai Google BigQuery di Google Cloud Platform?

Tarik ke bawah menu utama Produk & Layanan , gulir ke bawah ke bagian DATA BESAR dan pilih BigQuery. Anda mungkin diminta untuk mengautentikasi ulang akun Google Anda. Setelah langkah itu selesai, halaman web BigQuery akan muncul. BigQuery mengatur data ke dalam Kumpulan Data dalam Proyek. Setiap Kumpulan Data kemudian dapat berisi satu atau lebih Tabel . Untuk memulai, kumpulan data baru akan dibuat dalam proyek.

Membuat Kumpulan Data baru

Klik panah bawah kecil di sebelah nama proyek Anda dan pilih Create New dataset . Beri nama baru untuk kumpulan data ( stockdata dalam contoh ini) dan pilih lokasi untuk kumpulan data (AS atau UE). Klik tombol OK jika sudah selesai.

Membuat Tabel baru

Klik panah bawah kecil di sebelah nama dataset baru dan pilih Buat tabel baru. Pilih opsi Buat dari sumber yang akan membuat tabel baru berdasarkan file yang akan diunggah dan akan menyertakan semua data. Pilih Unggah File untuk Lokasi. Klik tombol Pilih File untuk memilih file yang akan diunggah. Perhatikan bahwa situs web BigQuery memiliki batas ukuran file sebesar 10 MB saat menggunakan metode Upload file.

File trades_sample_small.csv memiliki 220.000 catatan perdagangan saham dan berukuran sekitar 8,7 MB. Format file dalam hal ini adalah file nilai yang dipisahkan koma (CSV). Beri nama untuk tabel baru. Gulir ke bawah dan tentukan struktur (skema) tabel. Jika file data memiliki header yang mendefinisikan bidang di baris pertama, klik opsi Deteksi Otomatis .

Dalam contoh ini, masing-masing bidang akan ditentukan seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Setelah memberi nama bidang dan memilih tipe datanya, klik tombol Tambah untuk menambahkan entri bidang lain. Bidang juga dapat ditentukan menggunakan tombol Edit sebagai Teks. Atur Pembatas Bidang ke Koma dan atur Jumlah Baris untuk dilompati ke 0.

Jika data memiliki baris header, ini akan disetel ke 1. Untuk contoh ini, default lainnya boleh digunakan. Setelah selesai, klik tombol Buat Tabel . Ingatlah bahwa segera setelah tabel dibuat dan data ditambahkan, Google akan mulai menagih akun Anda. Nah itu saja mengenai tentang memulai google bigquery di google cloud platform.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>