Langkah Menuju Migrasi Google Cloud Platform

Ada kalanya pertanyaan utama yang akan Anda tanyakan pada diri sendiri adalah, “Haruskah saya menyimpan beban kerja dan data saya di tempat atau haruskah saya pindah ke cloud?” Hari ini, ini masih merupakan pertanyaan yang layak, tetapi jauh lebih rumit. Ini bukan lagi pertanyaan tentang salah satu/atau. Anda dapat mengadopsi pendekatan hybrid, dan memanfaatkan komponen cloud dan on-premise.

Google Cloud Platform

Anda dapat memigrasikan semuanya ke google cloud platform, tetapi Anda dapat memanfaatkan beberapa vendor cloud dan membuat arsitektur multicloud Anda sendiri. Banyaknya pilihan dalam hal infrastruktur dan arsitektur sungguh luar biasa. Ini memberi setiap orang kesempatan untuk menemukan solusi yang tepat untuk proyek mereka.

Mengapa Anda Harus Pindah ke Google Cloud Platform

Saat memilih penyedia cloud, memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda bisa menjadi pilihan yang sulit. Berikut adalah beberapa alasan mengapa GCP mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Inovasi dan AI

Google Cloud telah melakukan upaya signifikan untuk memposisikan dirinya sebagai pilihan utama untuk alur kerja AI dan machine learning (ML). Di GCP, Anda memiliki akses ke berbagai layanan, termasuk API AI sebagai Layanan (AIaaS), model yang telah dikonfigurasi sebelumnya, dan resource yang dioptimalkan. Layanan ini memungkinkan Anda mengintegrasikan kemampuan AI dengan mudah ke dalam alur kerja dan produk Anda.

Fleksibilitas

Di GCP, Anda dapat mengelola penerapan cloud secara mandiri untuk kontrol yang lebih besar atau menggunakan layanan terkelola dengan tanggung jawab yang lebih sedikit. Hal ini memungkinkan semua tingkat organisasi untuk mengakses manfaat cloud. GCP juga baru-baru ini merilis Google Anthos, layanan yang mendukung penerapan hibrid untuk lebih banyak fleksibilitas.

Bagaimana Langkah Menuju Migrasi Google Cloud Platform?

Penghematan biaya

Penghematan biaya adalah klaim dari sebagian besar layanan cloud dan GCP tidak berbeda dalam beberapa hal. Dengan memindahkan data dan beban kerja ke cloud, Anda dapat menghilangkan banyak biaya infrastruktur dan perangkat keras Anda. Penerapan GCP memungkinkan Anda membayar hanya untuk resource yang Anda gunakan dan menghilangkan biaya yang terbuang untuk resource yang kurang digunakan.

Langkah Migrasi Google Cloud

Setelah Anda memutuskan bahwa Google Cloud Platform adalah opsi yang tepat untuk Anda, Anda dapat mulai merencanakan migrasi Anda. Meskipun setiap migrasi berbeda, Google merekomendasikan untuk membagi transisi Anda menjadi empat langkah berikut:

Menilai

Selama fase penilaian, Anda perlu menginventarisasi sistem Anda saat ini, menentukan tujuan migrasi Anda, dan membuat anggaran untuk migrasi Anda. Sangat penting untuk teliti selama fase ini untuk meminimalkan kejutan di kemudian hari dan memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang waktu dan usaha. Sebelum Anda melanjutkan dari fase ini, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda harapkan dari cloud.

Rencana

Pada fase perencanaan, Anda perlu mengambil informasi yang dikumpulkan dalam fase penilaian dan memetakannya ke sumber daya, konfigurasi, dan garis waktu. Anda harus mencari tahu sumber daya apa yang diperlukan untuk memenuhi tujuan yang Anda tentukan dan memprioritaskan urutan penyediaan Anda. Secara umum, yang terbaik adalah merencanakan aspek migrasi termudah terlebih dahulu.

Sebarkan

Setelah rencana Anda selesai, Anda dapat mulai menyediakan dan mengonfigurasi sumber daya Anda sebagai persiapan untuk migrasi. Pastikan untuk menguji sumber daya dan konfigurasi ini sebelum memindahkan aset aktif. Melakukannya dapat membantu Anda mencegah kehilangan data yang tidak disengaja atau pelanggaran keamanan. Setelah konfigurasi Anda diuji dan diverifikasi agar berfungsi seperti yang diharapkan.

Anda dapat mulai memigrasikan data dan beban kerja Anda. Seperti halnya perencanaan, mulailah dengan tugas Anda yang paling sederhana dan perbaiki proses Anda saat Anda melakukannya. Pastikan untuk menguji data atau aplikasi apa pun untuk memastikan bahwa aset berhasil ditransfer sebelum mentransfer beban kerja.

Optimalkan

Setelah Anda selesai bermigrasi, atau pertengahan migrasi jika Anda bergerak secara bertahap, Anda harus mulai berfokus pada pengoptimalan konfigurasi Anda. Pengoptimalan membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan kinerja yang Anda harapkan dengan biaya yang Anda antisipasi. Ada beberapa layanan dan alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu pengoptimalan, termasuk Google Cloud Platform Monitoring.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>