Google Compute Engine di dalam Google Cloud Platform

Google Compute Engine adalah bagian dari layanan IaaS (Infrastructure as a Service) Google yang menyediakan mesin virtual (VM). Ini adalah layanan komputasi yang tidak dikelola dan umumnya disebut sebagai mesin virtual yang dapat disesuaikan di Google cloud.

Google Cloud Platform

Apa Itu Mesin Virtual?

Mesin Virtual dalam Google Cloud Platform dapat dipahami sebagai versi digital dari komputer fisik. Ini adalah contoh virtual dari komputer yang dapat melakukan hampir semua fungsi seperti komputer. Mesin virtual berjalan pada mesin fisik dan mengakses sumber daya komputasi dari perangkat lunak yang dikenal sebagai hypervisor.

Mesin Komputasi Google Cloud

Google Compute Engine adalah penawaran mesin virtual Infrastruktur-sebagai-Layanan Google. Ini memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mesin virtual di cloud sebagai sumber daya server alih-alih memperoleh dan mengelola perangkat keras server. Google Compute Engine menawarkan mesin virtual yang berjalan di pusat data Google yang terhubung ke jaringan fiber di seluruh dunia. Perkakas dan alur kerja yang ditawarkan oleh mesin komputasi memungkinkan penskalaan dari instans tunggal ke komputasi awan global yang seimbang beban.

Aplikasi Mesin Hitung

Berikut adalah beberapa kasus penggunaan atau aplikasi mesin komputasi Google:

Migrasi Mesin Virtual (VM) ke Comput Engine

Ini menyediakan alat untuk mempercepat proses migrasi dari cloud lokal atau cloud lain ke GCP. Jika pengguna memulai dengan cloud publik, mereka dapat memanfaatkan alat ini untuk mentransfer aplikasi yang ada dengan mulus dari pusat data, AWS, atau Azure ke GCP. Pengguna dapat menjalankan aplikasi mereka di Compute Engine dalam hitungan menit sementara data bermigrasi secara transparan di latar belakang.

Pemrosesan Data Genomik

Pemrosesan data genom adalah komputasi intensif karena informasinya sangat besar dengan rangkaian pengurutan yang luas. Dengan potensi Compute Engine, pengguna dapat memproses kumpulan data sebesar itu. Platform ini tidak hanya fleksibel tetapi juga dapat diskalakan dalam hal pemrosesan urutan genomik.

Bagaimana Google Compute Engine di dalam Google Cloud Platform?

Image BYOL atau Bring Your Own License

Compute Engine dapat membantu Anda menjalankan aplikasi Windows di GCP dengan membawa lisensinya ke platform sebagai image yang disertakan lisensi atau node tenant tunggal. Saat pengguna bermigrasi ke GCP, mereka dapat secara fleksibel mengoptimalkan lisensi dan mempromosikan keuntungan.

Keuntungan Mesin Hitung

Efisiensi Penyimpanan

Persistent disk mendukung penyimpanan hingga 257 TB yang lebih dari 10 kali lebih tinggi daripada yang dapat diakomodasi oleh Amazon Elastic Block Storage (EBS). Organisasi yang memerlukan opsi penyimpanan yang lebih skalabel dapat menggunakan Compute Engine

Biaya

Dalam ekosistem GCP, pengguna hanya membayar waktu komputasi yang telah mereka gunakan. Paket penagihan per detik digunakan oleh mesin komputasi Google.

Cadangan

Google Cloud Platform memiliki sistem pencadangan yang kuat, bawaan, dan redundan. Compute Engine menggunakan sistem ini untuk produk unggulan seperti Search Engine dan Gmail.

Skalabilitas

Itu membuat reservasi untuk membantu memastikan bahwa aplikasi memiliki kapasitas yang mereka butuhkan saat mereka skala.

Fitur Mesin Hitung Google

Google Compute Engines memiliki banyak fitur dan beberapa di antaranya akan dibahas secara rinci di bawah ini.

Jenis Mesin

Ini menjelaskan perangkat keras virtual yang dilampirkan ke sebuah instance yang juga mencakup RAM dan CPU. Ada dua jenis mesin yaitu jenis mesin yang telah ditentukan dan jenis mesin kustom.

Persistent Disk

Ini adalah penyimpanan blok berkinerja tinggi yang tahan lama untuk instans VM yang dapat dibuat dalam format HDD atau SSD. Pengguna dapat mengambil snapshot dan membuat persistent disk baru dari snapshot tersebut. Jika instance VM dihentikan, data akan disimpan oleh persistent disk yang dapat dilampirkan ke instance lain.

SSD Lokal

Google Compute Engine menawarkan penyimpanan blok solid-state drive (SSD) lokal yang selalu terenkripsi yang secara fisik terpasang ke mesin virtual yang menjalankannya. Ini meningkatkan kinerja dan mengurangi latensi.

Akselerator GPU

GPU ditambahkan untuk mempercepat beban kerja intensif komputasi seperti pembelajaran mesin, aplikasi workstation virtual, dll. Nah itu saja mengenai google compute engine di dalam Google Cloud Platform.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>