Panduan Tentang Google Search Console, Domain dan Website

Panduan Tentang Google Search Console, Domain dan Website- Konsol penelusuran Google, sebelumnya dikenal dengan namaalatwebmaster Google. Merupakan sa
Panduan Tentang Google Search Console, Domain dan Website- Konsol penelusuran Google, sebelumnya dikenal dengan namaalatwebmaster Google. Merupakan salah satu platform gratis untuk seluruh pengguna situs web, mempelajari bagaimana kinerja situs web dikonsol google.

Pada artikel terbaru dengan konsol pencarian Google ini, Anda dapat melihat  DNS  yang memberi link ke situs web Anda atau biasa disebut dengan domain referring, kinerja situs web di perangkat seluler, hingga analisis halaman web berikut trafik tertinggi.. 

Apa Manfaat dari Pencarian Google?



Manfaat yang diterima dari  konsol pencarian google  adalah dapat melakukan perbaikan situs berdasarkan analisis pencarian google. Berikut adalah manfaat dari pencarian Google :

Apa Saja Manfaat dari pencarian Google?


Temukan Kata Kunci Populer   

Dengan ini, pengunjung website Anda dapat menemukan lapak Anda melakui beberapa macam kata kunci. Google Console  juga memudahkan Anda untuk menemukan kata kunci yang paling sering digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Alat pun akan memberi informasi mengenai total muncul situs web Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu dan berapa kali situs web Anda diklik dari pencarian hasil tersebut. Anda juga dapat melihat kata-kata yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO situs web Anda. 

Mengindentifikasi Halaman
    

Situs web pasti memiliki halaman populer dari halaman lainnya, dan itu terdapat di hasil pencarian. Konsol pencarian Google  tentu membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman mana yang paling banyak pengunjung. Cara mengurutkan halaman website berdasar pada impression atau CTR (click through rate).  

      Mengetahui Asal Datangnya Pengunjung

Google Search Console memiliki fitur di mana Anda dapat mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung situs Anda. Melalui konsol pencarian google, Anda juga dapat memuami demografi prospek pelanggan. Dengan begitu Anda dapat menjangkau audiens yang akurat.      

Mengetahui Perangkat yang Pengunjung Gunakan

Konsol penelusuran Google juga memungkinkan Anda untuk mendapat data perangkat apa yang dipakai pengunjung situs web Anda. Selain itu, konsol pencarian google juga membantu Anda untuk melihat bagaimana pengunjung dapat diandalkan dengan situs web Anda.     

      Memeriksa Ketidakmampuan pada Perangkat Mobile 

Fitur seluler juga disediakan oleh konsol pencarian google untuk membantu Anda mengecek situs web di perangkat seluler.      

Mengetahui Backlink ke Website Anda

Salah satu indikator penting dalam menentukan peringkat situs web di hasil pencarian adalah backlink. Fitur ini tentu sangat penting bagi siapa saja yang berkecimpung di ranah SEO, fitur tersebut adalah Tautan ke Situs Anda.     

Memeriksa Broken Link

Dengan konsol pencarian Google, Anda juga dapat memeriksa tautan yang rusak yang berada di situs web Anda. Tentu inspeksi link rusak penting untuk Anda lakukan, karena dapat memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di situs Anda.     

Mengetahui Masalah Keamanan Situs Web

Masalah keamanan tentu menjadi sorot perhatian bagi seluruh pengguna situs web, baik toko online, blog atau profil perusahaan. Konsol pencarian Google bisa memecahkan masalah keamanan yang terjadi di situs Anda.

Kirim Peta Situs    

Melalui konsol pencarian google, Anda juga dapat menambahkan situs yang berfungsi sebagai crawl di situs web Anda sehingga google dapat mengindentifikasi situs web yang lebih cepat.

  •  Masuk ke akun google Anda.
  • Bukalah  webmaster  alat   
  • Ketuk Ketuk properti
  • Pilihlah “website”
  • Lalu pilihlah situs web dari menu drop-down, setelah itu identitas URL situs web Anda. Tulislah URL yang sama dengan URL yang muncul di browser. 
  • Ketuk
  • Pilihlah cara pengungkit. Konsol pencarian Google menyediakan cara untuk memverifikasi situs web
Apabila Anda ingin memverifikasi kepemilikian  dns,  Anda harus login ke domain host. Setelah itu tambahkan data pengaturan DNS untuk domain Anda


Bagaimana Cara Menggunakan Google Search Consule?

Apabila Anda berhasil menambahkan situs web Anda di konsol pencarian google dan memverifikasinya. Anda dapat memulai menggunakan konsol pencarian google  tersebut. Bagaimana caranya? Telah kami rangkum di artikel ini.  

Mengenali Istilah Google Search Consule

  • Kesan

Impression adalah URL link yang muncul di hasil pencarian, atau total sebuah link url di hasil pencarian.

  • Klik
Apabila pengguna mengklik satu link lalu keluar dari hasil pencarian google, maka pengguna akan menjadi satu klik.
  • Rasio Klik-Tayang (CTR)
Klik dibagi Impression kemudian dikali 100 merupakan CTR. Apabila link Anda muncul 20 kali di hasil pencarian dan mendapatkan sebanyak 10 klik, CTR-nya adalah 50 persen.    

Menentukan Negara Target
Anda memberi target audien pada situs web Anda di negara tertentu? Jika iya, Anda dapat mengintruksikan google untuk memberi target negara yang akan Anda pilih.

  • Buka konsol pencarian google.
  • Pilih menu “search traffic”
  • Klik sub menu “Penargetan Internasional”
  • Pilih tab “Country”
  • Tentukan negara mana yang akan Anda targetkan. 
      Dengan menetapkan satu negara yang Anda targetkan, tentubakan membantu google untuk memahami target audien utama Anda. 

        Apa Saja Kegunaan Menggunakan Menambah Peta Situs XML?

       Menambah XML Sitemap

        ·         Memberi informasi pada mesin pencari mengenai seluruh halaman yang ada di website.

        ·         Memberitahu mesin pencari link, link yang penting.

        ·         Membantu mesin pencari untuk melakukan crawling di situs web Anda.

        ·         Mengindeks konten situs web secara efisien.

       Menghubungkan  Google Search Console dan Google Analytics

      Saat Anda menghubungkan Google search console dan Google analytics, maka dalam menganalisis data dari google search console di Google analytics akan menjadi sangat mudah. Nah, saat itu terjadi Anda mendapatkan perspektif baru mengenai konten dan kata kunci apa yang sangat menghasilkan

       Baca Jughttps://www.itsp.my.id/2021/02/penjelasan-lengkap-tentang-name-server.html

    Apabila Anda tidak yakin Google analytics untuk situs web Anda, Anda dapat memasangnya sekarang. Bacalah panduan Google Analytics di artikel yang Anda suka. Ketika google analytics dan Google search console terpasang. Anda dapat membuka dashboard google analytics, lalu klik menu admin di pojok kiri bawah.

    Setelah itu, google analytics akan memberi suguhan tampilan beruba pengaturan untuk admin. Pilihlah menu “pengaturan properti” yang berada di pengaturan. Lalu Anda dapat mengklik tombol “sesuaikan konsol pencarian”. Google analytics akan membawa Anda ke konsol pencarian google lalu akan menampilkan daftar seluruh situs web yang telah Anda tambahkan ke konsol pencarian google. 

     Pilihlah website yang sangat ingin Anda hubungkan dengan Google analytics, setelah itu Anda dapat mengklik tombol “save”. Dengan begitu Google Analytics dan Google Search Console milik Anda telah terhubung, Anda pun dapat melihat menu Search Console di Google Analytics melalui akuisisi menu.



    Bagaimana Masalah Search Indexing dan Memperbaikinya?

Menemukan  Masalah Search Indexing dan Memperbaikinya.

    Menemukan dan memperbaiki pengindeksan eror merupakan salah satu fitur yang berguna dari konsol pencarian google. Mengapa? Karena pengindeksan eror dapat mempengaruhi peringkat di hasil pencarian, dan disebabkan oleh berhentinya aktivitas crawling dan pengindeksan dari mesin pencari.

    Anda dapat menemukan kasus kesalahan tersebut melalui menu coverage> index. Menu ini akan memberi Anda tampilan mana saja di situs web Anda yang telah terindeks oleh google dan mana yang mengalami kesalahan atau mendapat petunjuk arah. 

     Konsol pencarian Google  dapat memberikan informasi detail untuk mempelajari kesalahan yang akan terjadi dan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki hal tersebut. Beberapa error yang dapat Anda temui adalah sebagai berikut: 

    1. 404 Error menunjukkan crawler dari mesin pencari sudah mengikuti link URL, tetapi yang muncul adalah 404 error. Anda harus memahami bahwa tidak semua 404 error sama, Anda dapat mengabaikan beberapa di antaranya dan hanya memperbaiki yang benar-benar error. 

     2. Ketika Anda suatu blogspot dan tidak ingin mengarahkan pengunjung ke blogspot lain, maka tidak akan menjadi masalah untuk mengabaikan 404 eror semacam ini. Pada akhirnya, google akan melakukan deindex pada halaman ini jika terus menerus menemukan kasus 404 error. Tetapi, keberpihakan Anda menemukan halaman dengan kesalahan 404 dan ingin mengarahkannya ke artikel baru, Anda dapat melakukan redirect.

    3. 404 Error terjadi ketika crawler mesin pencari mendapatkan halaman 404 error, tetapi status kode halaman kirim pesan 200 (yang berarti sukses) ke browser.   

    4. Server Error menunjukkan server Anda mengalami waktu habis atau tidak merespon. Ini dapat terjadi ketika Anda mendapat lalu lintas yang amat banyak, sedangkan pemeliharaan atau tidak muncul karena suatu alasan lainnya.

     Apabila terjadi kesalahan server di konsol pencarian google, maka perintah pun beragam. Yang paling sering ditemukan adalah server yang mengalami waktu habis (akan menghasilkan kesalahan atau tidak muncul sama sekali). 

    5. Not Followed terjadi ketika Google tidak bisa memahami tipe konten di situs web. Yang dimaksud di sini adalah bisa jadi flash, javascript, iframe, atau lainnya. 

      Kata  Kunci Potensial

    Namun perlu ketahui bahwa pengunjung situs web Anda datang melalui berbagai macam kata kunci. Anda sebagai pemilik situs web dapat mengoptimasi konten yang ditargetkan untuk kata kunci tertentu. Maka, kemungkinan untuk muncul di peringkat teratas hasil pencarian bisa lebih tinggi.   Selain itu Anda juga dapat melihat kata kunci apa yang populer untuk situs web Anda melalui tab “Performance”. 

     Tepat pada   bagian atas, Anda akan melihat grafik yang melampaui kinerja situs web Anda di hasil pencarian. Pada bagian bawah, Anda dapat melihat data mengenai kata kunci yang bisa difilter berdasarkan posisi rata-rata, impresi, dan CTR. Anda juga dapat mengidentifikasi halaman dan kata kunci mana yang menghasilkan banyak trafik. Anda juga dapat menemukan kata kunci baru yang berkaitan dengan kata kunci utama konten Anda.

      Optimasi  Kata Kunci

    Sementara untuk ukuran ideal Anda bisa menghasilkan trafik tinggi dari semua kata kunci yang Anda targetkan. Tetapi, kemungkinan masih ada beberapa kata kunci yang Anda targetkan tidak memberikan hasil sesuai ekspektasi. Jika itu terjadi, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci apa saja yang menghasilkan trafik dan layak dioptimasi. Cara menemukan kata kunci potensial yang perlu Anda optimasi adalah sebagai berikut: 

      a. Buka menu “performance”.

              b.  Klik ikon filter.

              c. Pilih filter “position”

              d. Filter kata kunci yang average posistionnya lebih besar dari 7

              e. Klik done. 

      Setelah itu,  Google Search Console  menampilkan kata kunci yang mana situs web Anda muncul di posisi rata-rata 7 atau di atasnya. Anda perlu mengklik dua kali di kolom “Position” untuk mengurutkan kata kunci yang terletak di peringkat terbesar. Lalu, Anda akan menemukan kata kunci yang meranking di posisi 7 sampai 30.

     Kata kunci tersebut masih sangat mungkin untuk dioptimasi agar mendapatkan posisi lebih tinggi lagi di hasil pencarian Google. Selain itu, Anda juga perlu melihat kesan yang didapatkan masing-masing kata kunci. Anda dapat memprioritaskan untuk mengoptimasi kata kunci yang memiliki kesan angka yang lebih besar dulu. Agar mendapatkan informasi lengkapnya, Anda dapat mengunduh ringkasan data dalam bentuk CSV.

          Evaluasi Konten

     Pada  Google Search Console  juga dapat Anda manfaatkan untuk evaluasi konten-konten yang sudah Anda terbitkan. Anda juga dapat melihat kinerja dari halaman di hasil pencarian, muncul di kata kunci apa saja. Bagaimana cara mengeceknya? Caranya sebagai berikut:

               a. Buka tab Performance.

               b. Klik Pages.

               c. Pilih halaman website yang ingin Anda lihat kinerjanya.

               d. Lalu klik tab “Queries”.

               e. Setelah itu, akan muncul kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut.

Setelah itu, Anda dapat melengkapi informasi di artikel berdasarkan kata kunci yang menghasilkan impresi untuk halaman. Maka, kemungkinan halaman situs web tersebut untuk muncul di berbagai kata kunci lebih besar.  

      Mencari  Sumber Backlink

    Bagian penting dalam SEO adalah tautan atau tautan. Pencarian Google menjadikan link sebagai salah satu indikator untuk menentukan posisi halaman di hasil pencarian. Anda dapat memeriksa kinerja tautan eksternal dan tautan internal situs web melalui Google Search Console. 

     Apabila Anda ingin   melihat laporan lengkapnya, klik menu Links. Setelah itu,   Anda akan melihat laporan kinerja link untuk external link dan internal link. Pada poin ini, kami akan membahas tautan eksternal terlebih dahulu atau sering juga disebut sebagai backlink.

    Sehingga Anda dapat melihat situs web mana saja yang sudah memberikan tautan balik ke situs web Anda melalui menu “Situs Tautan Atas”. Google Search Console juga akan menambilan beberapa  daftar website yang memberikan link ke website Anda.   

   Anda dapat mengklik nama domain untuk melihat lebih mendetail halaman link target website. Anda juga akan dapat melihat berapa halaman di situs web tersebut yang memberikan tautan ke situs web Anda. Kemudian yakin itu, Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai halaman apa saja di situs Anda yang sesuai dengan situs tersebut

      Baca Juga:  https://www.itsp.my.id/2021/01/nama-server-google.html

      Meningkatkan  Kualitas Tautan Internal

    Tautan internal juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas SEO Anda. Selain backlink, konsol pencarian google juga memiliki internal link yang dapat membantu mesin memahami konteks dan hubungan antar halaman di situs Anda. Selain itu, mesin pencari dapat memeriksa halaman mana di situs web Anda yang sangat penting melalui tautan internal.  

    Memeriksa lebih detail halaman juga dapat Anda lakukan, caranya adalah dengan mengklik filter ikon lalu pilih halaman target. Setelah itu, hak milik URL halaman yang akan Anda tingkatkan kualitas internal linknya. 

    Konsol pencarian Google  akan menunjukkan jumlah link internal di halaman tersebut. Anda juga dapat menambahkan link sebelum memang hubungan kurang. Anda juga harus memastikan untuk menghubungkan link yang benar-benar berkaitan dengan halaman tersebut. Ini dilakukan oleh pembaca tidak bingung, sehingga tercipta pengalaman pembaca yang baik.

       Tingkatkan  Kinerja Website di Perangkat Mobile

     Sebanyak 94 persen pengguna internet indonesia mengakses internet melalui perangkat seluler, karena hal ini google memprioritaskan situs web-situs web yang ramah seluler untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. Jika Anda ingin mengecek kinerja situs web pada perangkat seluler melalui fitur kegunaan seluler, maka konsol pencarian google memungkinkan untuk hal itu.  

      Namun, ramah Google Search Console menampilkan tanda kesalahan, Anda perlu memperbaikinya segera karena berpengaruh terhadap peringkat di hasil pencarian. Biasanya error yang terjadi di kegunaan seluler yang disebabkan oleh tema yang tidak dikode dengan baik atau penyebab lainnya yaitu plugin yang error. Karenanya, Anda harus berhati-hati ketika memasang tema WordPress.  

      Memanfaatkan  Fetch as Google

   a. Buka google search console versi lama. 
         b. Pilih menu crawl > fetch as google. Anda dapat membuka melalui menu index >coverage pada               versi baru. 
         c. Klik URL yang ingin Anda periksa

      Kode respon yang diberikan merupakan informasi yang paling penting ketika Anda mencari sesuatu sebagai google. Apabila kode respon 200, halaman tersebut masih baik-baik saja. Anda juga dapat melakukan pengindeksan dengan cepat menggunakan fetch sebagai google. 

      Menghapus  URL dari Hasil Pencarian

     Apabila Anda rajin memperbarui blog setahunan atau lebih. Mungkin ada beberapa konten yang ingin Anda hapus. Namun, seperti yang Anda ketahui bahwa data-data terindeks google lumayan rumit. Untuk menghapua URL tersebut dari indeks Google, Anda dapat menghapusnya melalui konsol pencarian google. Caranya sebagai berikut:

        a. Buka konsol pencarian Google.

        b. Klik menu google index> hapus URL. 

        c. Klik tombol “Sembunyikan Sementara”

        d. Masukkan URL yang ingin Anda hapus.

      Perlu Anda ingat, fitur ini hanya mencakup halaman situs dari hasil pencarian selama 90 hari. Secara permanen, Anda harus menghapusnya dari situs web sehingga muncul peringatan kesalahan 404.

       Memberi  Pengguna Tambahan

    Apabila Anda salah satu andalan Google search console secara berkelompok, Anda dapat menambahkan beberapa pengguna dengan mudah. Beberapa caranya adalah sebagai berikut: 

        a. Buka Google Search Console 

        b. Klik menu Setting> Users and Permission.

        c. Klik Tambah Pengguna.

        d. Masukkan alamat email pengguna yang ingin Anda tambahkan

        e. Pilih jenis Izin yang akan Anda berikan.

    Ada dua jenis izin, yaitu izin penuh dan izin terbatas. Izin penuh adalah izin yang memungkinkan pengguna untuk mengakses semua fitur Google Search Console, termasuk menambahkan pengguna baru. Izin terbatas sementara akan memungkinkan pengguna untuk melihat data, tetapi tidak bisa menambahkan pengguna bar. 

   Seperti yang Anda ketahui, konsol pencarian google mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan situs web Anda. Ketika Anda menggunakan konsol pencarian Google, Anda akan mendapatkan data akurat mengenai kata kunci, keamanan, hingga kinerja situs web di hasil pencarian. Anda harus memastikan situs web Anda terdaftar di konsol pencarian google. 

   

        



You may like these posts

1 comment

  1. Marten Ibrahim
    Mantap terimakasih
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>